101 Bums

101 Bums

Ekonomi bagaimana cara mendeskripsikan laba menurut laporan keuangan dengan menggunakan pendekatan matematik agar dapat dipakai sebagai alat untuk meramal keuntungan yang akan datang? ​

bagaimana cara mendeskripsikan laba menurut laporan keuangan dengan menggunakan pendekatan matematik agar dapat dipakai sebagai alat untuk meramal keuntungan yang akan datang? ​

Cara mendeskripsikan laba menurut laporan keuangan dengan menggunakan pendekatan matematik yang berfungsi sebagai alat untuk meramal keuntungan yang akan datang yaitu dengan melakukan metode Break Even Point atau BEP. Metode ini juga terdiri dari tiga cara yaitu menghitung dengan metode persamaan, metode grafik dan juga margin kontribusi.

Penjelasan:

Break Even Point atau disingkat dengan istilah BEP keadaan seimbang yang terjadi pada suatu perusahaan yaitu antara keuntungan dan kerugian perusahaan mengalami keseimbangan.

Untuk dapat menentukan analisis ini maka biaya yang terjadi harus dibedakan menjadi biaya tetap dan juga biaya variabel. Dan ada tiga cara untuk menghitung BEP, tiga cara tersebut antara lain adalah:

  • Metode persamaan, yaitu sebuah metode yang menggunakan data-data dari laporan laba rugi perusahaan itu.
  • Metode kontribusi unit, yaitu sebuah metode yang menggunakan jumlah margin kontribusi yaitu selisih dari pendapatan dengan biaya variabel.
  • Metode grafik, yaitu sebuah metode yang digunakan untuk mengevaluasi perubahan dari penjualan tahun lalu guna memperbaiki penjualan di tahun yang akan datang.

BEP ini sangat memberikan manfaat pada perusahaan dan beberapa manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Dapat mencegah terjadinya kerugian pada perusahaan tersebut karena dapat mengetahui jumlah biaya produk.
  • Dapat memberikan informasi tentang jumlah produk yang akan dijual sehingga dapat memperoleh keuntungan.
  • Sebagai bahan panduan untuk mengambil keputusan, menentukan produk dan juga perubahan harga agar resiko kerugian dapat diperkecil.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang cara menghitung BEP dapat dilihat pada https://brainly.co.id/tugas/15864253

#BelajarBersamaBrainly

[answer.2.content]