101 Bums

101 Bums

Ujian Nasional Hal apa yang paling ingin didapat di satuan pendidikan?

Hal apa yang paling ingin didapat di satuan pendidikan?

jawaban:

Satuan pendidikan merupakan sebuah pelayanan yang bertujuan untuk menyediakan pendidikan secara formal maupun non formal. Contoh satuan pendidikan yang bersifat formal adalah sekolah, perguruan tinggi, dan lain-lain. Sedangkan satuan pendidikan yang bersifat non formal adalah lembaga belajar atau kursus, pelatihan-pelatihan di masyarakat dan lain-lain. Adapun hal-hal yang dapat dikembangkan pada satuan pendidikan adalah:

Meningkatkan kemampuan akademik.

Melatih keterampilan yang berguna bagi dunia kerja.

Melatih kemampuan soft skill.

Pembahasan

Pendidikan merupakan hak setiap warga negara Indonesia. Negara Indonesia memberikan perhatian yang sangat serius kepada dunia pendidikan. Hal ini disebabkan Indonesia dapat menjadi negara yang maju apabila warga Indonesia mempunyai pendidikan dan ketrampilan yang baik.

Hal-hal yang Dikembangkan di Satuan Pendidikan

Pendidikan di Indonesia dilakuakn melalui satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia. Satuan pendidikan dapat dibagi dua, yaitu formal dan non formal. Berikut ini hal-hal yang dapat dikembangkan di dalam satuan pendidikan baik yang bersifat formal dan non formal:

Meningkatkan kemampuan akademik. Satuan pendidikan yang fokus utamanya meningkatkan kemampuan akademik adalah satuan pendidikan yang bersifat formal. Contoh satuan pendidikan yang bersifat formal adalah SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Kemampuan akademik yang dikembangkan pada satuan pendidikan dapat dibagi kedalam beberapa mata pelajaran atau mata kuliah.

Melatih keterampilan yang berguna bagi dunia kerja. Mengembangkan keterampilan pada dasarnya dapat dilakukan pada satuan pendidikan formal dan non formal. Keterampilan yang dilatih biasanya adalah keterampilan yang langsung dapat digunakan dalam dunia kerja. Contoh ketrampilan yang dikembangkan adalah pelatihan mengelas besi, pelatihan sablon pakaian, dan lain-lain.

Melatih kemampuan soft skill. Soft skill dalam dunia pendidikan dan dunia kerja sangat penting dimiliki orang seorang yang sedang belajar pada satu pendidikan. Soft skill merupakan kemampuan yang akan mendukung para pelajar dalam menguasai materi atau keterampilan pada satuan pendidikan. Contoh kemampuan soft skill yang diajarkan pada satuan pendidikan adalah kemampuan mengatur waktu, kemampuan menghadapi berbagai macam masalah sosial, dan lain-lain.

Kode: 10.9.3

#TingkatkanPrestasimu

Masuk untuk menambahkan komentar

Sedang mencari solusi jawaban PPKn beserta langkah-langkahnya?

Pilih kelas untuk menemukan buku sekolah

Kelas 5

Kelas 6

Kelas 7

Kelas 8

Kelas 9

Kelas 10

Kelas 11

Kelas 12

Ada pertanyaan lain?:D

[answer.2.content]